10 Kesalahan Pada Saat Keramas! Hindari

Shampo pemanjang rambut terbaik – Rambut memang tak bisa lepas dari sisi gaya hidup. Tidak hanya pada wanita, pria juga tidak mau kalah karena sudah banyak para pria yang memfokuskan pada perawatan rambut mereka. Menjaga kesehatan rambut tidak hanya terfokus pada shampo, tapi juga pada pemakaian conditioner dan perawatan rambut seperti creambath, hair spa, juga hair mask.

Perawatan rambut juga disertai pemakaian vitamin rambut, serum untuk merangsang pertumbuhan rambut dan masih banyak lagi yang lainnya. Jenis kondisi rambut juga beragam, ada rambut kering, rambut berminyak, rambut berketombe, bahkan ada yang disertai rambut bercabang.

Maka dari itu, kita disarankan untuk keramas menggunakan shampo yang tepat dengan jenis rambut kita.

Tapi kenapa, ya, meski sudah keramas dan melakukanan perawat rambut, rambut masih saja bermasalah? Coba lihat daftar kesalahan pada saat keramas di yang telah kami rangkum di bawah ini, mungkin salah satunya sering kamu lakukan.

10 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Keramas

1. Rambut Kurang Basah

Terdengar sepele, ya? Tapi hal ini sangat berpengaruh pada kesehatan rambut dan kulit kepala. Sebaiknya pilih waktu keramas dimana kamu sedang tidak terburu-buru supaya kamu bisa lebih fokus dan melakukan ritual keramas dengan benar. Sebelum keramas, kamu harus membasahi rambut kamu hingga benar-benar basah dengan menyiram kepala selama 3 sampai 4 menit sebelum menggunakan shampo.

Hemat air boleh, tapi kalau sampai keramas kurang benar akan membuat shampo kehilangan keefektifannya dalam membersihkan rambut. Rambut kurang basah menyebabkan shampo menjadi kurang berbusa. Tanpa busa yang cukup, rambut tidak akan bersih karena busa berfungsi menciptakan kondisi vakum yang menghisap kotoran pada rambut dan sel-sel kulit mati pada kulit kepala.

Atau sebelum shampo diaplikasikan ke rambut dan kulit kepala, kamu bisa meneteskan shampo ke telapak tangan terlebih dahulu dan beri air lalu gosok-gosok kedua telapak tangan sampai shampo menjadi busa kemudian aplikasikan pada rambut dan kulit kepala.

2. Terlalu Kuat Menggosok Rambut

Mengaplikasikan shampo pada rambut juga ada caranya. Kamu harus menggosok rambut dan kulit kepala supaya kotoran yang menempel akan terangkat. Tapi kamu harus menggosok helaian rambut dengan lembut. Dan ujung jari kamu melakukan pijatan ringan di area kepala untuk merangsang peredaran darah supaya lebih lancar sehingga rambut kamu mendapatkan nutrisi yang cukup.

Jika kamu menggosok helaian rambut dan kulit kepala terlalu keras, maka akan dapat menimbulkan gesekan antar rambut yang dapat merusak kutikula rambut. Hal ini lah yang sering menyebabkan rambut rontok saat keramas dan pada saat disisir.

3. Menggunakan Shampo Berkali-Kali Dalam Sekali Keramas

Banyak lho orang yang percaya kalau keramas yang baik itu adalah dengan menerapkan shampo sebanyak 2 kali. Seperti menerapkan sampo kembali setelah pembilasan yang pertama.

Hal ini kurang baik, karena rambut sebenarnya sudah dalam kondisi bersih pada penerapan sampo ketika keramas jika dilakukan dengan cara yang tepat. Jadi sebaiknya kamu cukup menerapkan shampo 1 kali saja tapi lakukan dengan benar sehingga rambut dan kulit kepala benar-benar bersih.

4. Kurang Bersih Saat Membilas Shampo

Busa shampo yang masih tertinggal pada rambut dan kulit kepala karena pembilasan yang kurang optimal dapat menyebabkan munculnya serpihan putih seperti kulit kepala yang terkelupas. Bahkan akan memicu timbulnya ketombe yang akan mengganggu penampilan kamu nantinya.

Sebaiknya membilas shampo menggunakan shower, atau kamu boleh menggunakan air dari keran langsung. Supaya kedua tangan kamu benar-benar bekerja sama dalam membilas shampo. Dan rambut akan dipastikan bersih dari sisa busa shampo.

5. Pemakaian Conditioner Yang Kurang Tepat

Kalau kamu ingin rambut yang lebih sehat, indah dan berkilau, sebaiknya kamu menggunakan conditioner setelah menggunakan shampo. Pilihlah conditioner yang sesuai dengan jenis rambut kamu.

Sekarang sudah banyak shampo yang sepaket dengan conditionernya supaya perawatan rambut kamu lebih maksimal. Tapi, kamu juga harus memperhatikan cara penggunaan conditioner, karena berbeda dengan cara kamu menggunakan shampo.

Conditioner diaplikasikan hanya pada batang rambut saja, sedangkan kulit kepala jangan diberikan conditioner. Setelah kamu menerapkan conditioner pada batang rambut, kamu cukup menyisirnya dengan jari-jari kamu, tidak usah menggunakan sisir ya. Setelah itu diamkan 5-10 menit supaya conditioner meresap dengan baik ke dalam kutikula rambut, setelah itu bilas sampai bersih, sampai kamu tidak merasakan licin pada rambut.

6. Keramas Setiap Hari

Mencuci rambut atau keramas memang akan menimbulkan rasa segar pada tubuh. Tapi keramas juga kurang baik jika dilakukan setiap kali kamu mandi atau setiap hari. Karena akan mengganggu kesehatan rambut kamu dan menghambat penghasil minyak pada lapisan rambut yang sebentar sebenarnya penting untuk rambut.

Kecuali kamu sering berolahraga, maka kamu harus keramas setiap habis olahraga untuk menghilangkan keringat, debu dan kotoran yang menempel pada rambut.

Kehilangan lapisan minyak alami rambut akan menyebabkan rambut kamu semakin kering, kusam dan tak sehat. Meskipun kamu mengunakan conditioner, vitamin rambut, hair tonic, dan serum rambut, tetap saja volume oksigen pada rambut menjadi kurang maksimal. Jadi sebaiknya kamu mencuci rambut setiap dua hari sekali.

7. Peggunaan Pengering Rambut

Udara panas yang keluar dari pengering rambut kurang baik untuk rambut kamu. Jika penggunaan di atas lima menit secara terus menerus, komposisi sel rambut akan berubah, dan dalam jangka waktu tertentu, rambut akan mudah patah.

Sedapat mungkin menekan tombol ‘warm’ atau ‘cool’, dan hanya semenit untuk mode kering. Atau, untuk lebih baiknya, Anda gunakan saja kipas angin untuk mengeringkan rambut Anda.

8. Menyisir Rambut Dalam Kondisi Kering

Setiap kamu habis keramas, pasti kamu akan mengeringkan rambut lalu menyisirnya. Nah mulai sekarang coba biasakan untuk menyisir rambut pada saat rambut kamu 50 persen kering ya. Hal ini dilakukan untuk menghindari membuat struktur rambut menjadi tidak kuat, rapuh dan rontok.

Dan, sebaiknya kamu menggunakan sisir yang terbuat dari kayu bukan dari plastik untuk menghindari kerusakan rambut yang akan mengurangi keindahan rambut kamu. Baca alasan kenapa sisir kayu lebih baik daripada sisir plastik di artikel ini.

9. Keramas Pada Malam Hari

Bagi kamu yang tidak sempat keramas di pagi hari, kemungkinan kamu akan melakukannya pada sore hari atau malam hari. Sebenarnya keramas pada jam berapapun memang tidak ada bedanya asal dilakukan dengan benar. Cuci rambut di malam hari bukan tidak baik, tapi disarankan untuk menghindarinya karena masalah akan muncul ketika kamu tidur dalam kondisi rambut yang masih basah.

Tekanan kepala dan rambut yang basah kepada bantal, akan membuat sulit kering sehingga hal tersebut akan membuat rambut lebih berminyak dari biasanya. Selain itu, tidur dengan keadaan rambut yang masih basah juga bisa membuatnya lebih mudah rusak karena kutikel rambut yang terangkat setelah dikeramas yang kemudian membuat rambut jadi lebih kusut.

Masalah lain dari tidur dengan rambut basah adalah jamur. Jamur suka dengan kondisi lembap untuk tumbuh dan terus menerus tidur dengan rambut basah bisa berkontribusi terhadap pertumbuhan jamur atau jamur kepala, berpotensial membuat kulit kepala bermasalah atau ketombe.

Jadi meskipun kamu benar-benar terpaksa harus keramas pada malam hari, pastikan saja rambut di keringkan secara alami atau dengan hair dryer terlebih dahulu sebelum kepala menyentuh bantal.

10. Keramas Menggunakan Air Hangat

Mandi dan keramas menggunakan air hangat memang sangat menenangkan, namun suhu air yang tinggi justru dapat merusak setiap helaian rambut. Sebaiknya, keramaslah dengan menggunakan air bersuhu dingin untuk membantu mengunci kelembapan dan bermanfaat bagi rambut Anda dalam jangka panjang.

Salah satu merk Shampo Herbal yang mampu menumbuhkan rambut adalah Shampo herbal Green Angelica. Rambut rontok adalah permasalah rambut yang biasanya diawali oleh ketombe, rambut berminyak, serta rambut kering. Untuk memilih shampo rambut rontok bukanlah perkara yang mudah.

Green angelica hair shampo untuk rambut rontok yang paling bagus

Solusi dan rekomendasi shampo rambut rontok terbaik adalah green angelica hair shampo. Shampo alami ini memiliki kandungan bahan alami yang berkualitas internation. Dengan kandungan aloevera yang tinggi didalamnya ditunjang dengan apple stem cell, glutahtione dan ashitaba. Menjadikan shampo rambut rontok dan ketombe ini banyak digunakan untuk mengatasi permasalah rambut.

Itulah beberapa kesalahan pada saat keramas yang bisa kami bagikan untuk kamu.

Jadi, diantara 10 kesalahan pada saat keramas di atas, mana yang sering kamu lakukan? Segera berhenti lakukan kesalahan tersebut agar rambut kamu senantiasa indah dan sehat, ya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s